Biar Cepet Hamil, Begini Cara Menghitung Masa Subur Ala Dokter Boyke

JagatBisnis.comCara menghitung masa subur harus dipahami oleh para wanita, terutama yang sedang menjalani program hamil. Sehingga bisa mengetahui kapan masa suburnya serta waktu efektif untuk berhubungan seks dengan suami.

Menurut Spesialis Kandungan dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, wanita bisa mengetahui masa subur dengan mudah. Caranya, dengan menghitung periode menstruasi, sejak awal sampai hari ke-16 atau 17.

“Misalnya tanggal 10 menstruasi, itu selalu masa subur di hari ke-11 sampai hari 16-17, dihitung dari masa mens yang pertama,” kata dr Boyke, dikutip dari program acara yang disiarkan di kanal YouTube, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga :   Seorang Siswi SD Diperkosa Kakak Kandungnya

Dia mengatakan, jika dilihat dari kalender, saat tanggal 10 wanita menstruasi, maka di tanggal 20 sampai 26 merupakan masa suburnya. Makanya, para pasutri diminta tidak langsung tancap gas alias setiap hari berhubungan intim.

Baca Juga :   Remaja 16 Tahun di Sumut Diperkosa Sopir Angkot hingga Hamil

“Demi kesehatan, hubungan intim dilakukan tiap dua hari sekali selama masa subur wanita. Jadi kalau mau hamil, hubunganlah di tanggal 20, 22, 24, dan 26. Itu masa subur. Karena sperma itu hidupnya dalam 3 hari, sama kayak sel telur juga,” papar dr. Boyke.

Dia menegaskan, artinya, saat sperma masuk ke saluran wanita jadi tidak langsung mati. Sperma akan menunggu sampai 3 hari dan mendapatkan makanan dari cairan vagina. Spermanya kalau mau ke vagina juga ada campuran prostat segala macam.

Baca Juga :   Seorang Siswi SD Diperkosa Kakak Kandungnya

“Sementara itu, masa ovulasi wanita umumnya sekitar 12 hingga 14 hari sebelum dimulainya siklus menstruasi baru. Jadi, masa subur adalah lima hari menjelang ovulasi, ditambah hari ovulasi dan hari setelah ovulasi, jadi totalnya sekitar tujuh hari,” tutup dr. Boyke. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO