Ekbis  

Heboh Pembobolan Tabungan, OJK Bagi Tips Jaga Keamanan Rekening

JagatBisnis.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tips menjaga keamanan rekening bagi seluruh nasabah perbankan di Indonesia. Apalagi, belum lama ini ramai pemberitaan mengenai pembobolan rekening nasabah Bank BCA senilai Rp345 juta yang dilakukan oleh tukang becak.

Berdasarkan tips OJK yang dibagikan pada Sabtu (28/1/2023), setidaknya ada enam langkah yang wajib diterapkan para nasabah perbankan.

Pertama, mengaktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Maka, nasabah akan mengetahui jika ada transaksi, apakah dana masuk ataupun keluar melalui pesan singkat yang dikirimkan bank ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

Baca Juga :   OJK Cabut Izin Uang Teman

Kedua, cek histori rekening atau saldo secara berkala. Untuk hal ini nasabah dapat melakukan dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

Ketiga, mengaktifkan fitur verifikasi. Untuk menjaga keamanan data, maka bisa mengaktifkan fitur verifikasi di ponsel dengan dua langkah mudah, seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

Baca Juga :   Ini Strategi OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan Ditengah Ancaman Omicron

Keempat, hindari menggunakan free wifi. Tips aman lainnya adalah sebaiknya menghindari menggunakan wifi publik atau free wifi untuk melakukan transaksi perbankan, terutama di tempat umum.

Kelima, menjaga data pribadi. Sebaiknya nasabah jangan pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung kepada siapapun, termasuk pihak bank. Lalu, perlu juga untuk mengubah password secara berkala.

Keenam, hati-hati saat menggunakan ATM. Nasabah harus memastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Baca Juga :   Leasing dan Bank Catat Nih Kata OJK Soal Debt Collector

Jika misalnya mengalami kesulitan menggunakan mesin ATM, maka sebaiknya segera datang ke bank. Selain itu, harus mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu milik nasabah. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO