Kenapa Nasi Baru Matang Perlu Diaduk? Ini Alasannya

JagatBisnis.com –   Saat nasi baru matang disarankan untuk mengaduknya. Bukan tanpa alasan hal ini harus dilakukan. Tujuan utamanya agar nasi tak cepat basi. Karena mengaduk nasi yang baru matang dapat mengeluarkan uap-uap panas yang ada di dalam nasi. Apabila uap air sudah keluar, maka nasi menjadi tidak cepat basi.

Demikianlah dijelaskan ahli fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Mikrajuddin Abdullah yang membuat analisis dengan teori yang ada mengenai tujuan harus diaduknya nasi yang baru matang.

Melalui akun Facebook-nya pada 2018, Prof. Mikrajuddin mencontohkan kebiasaan istrinya yang selalu mengaduk nasi ketika baru matang. Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi.

Baca Juga :   Banyak Orang Takut Keluar Rumah karena FOGO, Apa Itu?

Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dengan proses yang lama. Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Baca Juga :   Studi: Kerusakan Organ Paru Terjadi Bagi Penyintas Covid-19

“Jika nasi diaduk (dihamburkan) setelah matang, akan terdapat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar,” tulis Prof. Mikrajuddin pada posting-annya di Facebook, yang dikutip Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga :   Ribuan Hoaks Covid-19 Bingungkan Pejuang Isoman: Ini Peran Vitamin C, D dan Zinc Menjaga Imun Tubuh

“Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi),” lanjutnya.

Itulah penjelasan mengapa nasi harus diaduk ketika baru matang. Bukan sekadar agar nasi tercampur dan matang secara merata, melainkan ada penjelasan ilmiah di baliknya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO