Cumi-Cumi Raksasa Terekam di Laut Jepang

JagatBisnis.com –  Dikenal sebagai salah satu makhluk laut yang misterius, seekor cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) berukuran panjang 2,5 meter terekam di laut Jepang. Kehadiran cumi-cumi raksasa itu diabadikan Yosake Tanaka ketika sedang menyelam di Laut Jepang dekat Kota Toyooka, Prefektur Hyogo, pada Jumat (6/1/2023) lalu. M

Menurut Smithsonian Institution, cumi-cumi raksasa dapat tumbuh sepanjang 12 hingga 14 meter. Bahkan ukuran bisa lebih besar lagi mengingat hewan tersebut dapat hidup sekitar lima tahun di alam liar. Cumi-cumi raksasa biasanya hidup di laut dalam sehingga sangat sulit untuk diamati dan jarang terlihat seperti hewat laut lainnya.

“Biasa cumi-cumi raksasa diketahui ketika sudah mati dan bangkainya terdampar di pantai,” tulis laporan Smithsonian Institution.

Sementara itu, penemu cumi-cumi raksasa Yosuke Tanaka, mengungkapkan, cumi-cumi raksasa ditemukan ketika dirinya mengikuti Dive Resort T-Style bersama istrinya di Kota Toyooka, Jepang.

“Ini adalah pertama kalinya saya berenang dengan cumi-cumi raksasa. Saya merasa sedikit takut karena itu sangat besar,” kata dikutip dari laman Live Science, Senin (23/1/2023).

Secara terpisah, ahli zoologi Jepang Tsunemi Kubodera, telah mendokumentasikan cumi-cumi raksasa dalam jumlah besar antara Januari dan Maret di perairan pesisir Laut Jepang. Dalam makalah tahun 2016, Kubodera dan rekannya melaporkan menemukan 57 cumi-cumi raksasa hanya dalam tiga bulan, 28 di antaranya masih hidup.

“Sayangnya, saat ini cumi-cumi tidak hidup dengan baik di wilayah ini. Dari hasil penelitian kami, cumi-cumi melakukan perjalanan melalui Selat Tsushima antara Korea Selatan dan Jepang sebagai bagian dari migrasi utara-selatan yang khas. Namun, cumi-cumi raksasa yang salah migrasi saat itu terjebak oleh air dingin di kedalaman tempat mereka biasanya berenang. Ketika itu terjadi, mereka tidak bisa tinggal di air yang sangat dalam,” pungkasnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO