Anak Muda Wajib Tahu, Berikut 5 Cara Mencegah Kolesterol 5 agar Tidak Sejak Dini

JagatBisnis.comCara mencegah kolesterol sejak dini agar tidak menjadi tinggi wajib diketahui anak muda. Karena kebanyakan anak muda doyan makan fast food dan mageran. Apalagi, penyakit kolesterol kini sudah dialami banyak anak muda.

“Secara teori, penyakit kolesterol memang dapat menyerang siapa saja, tak mengenal usia ataupun kondisi badan. Semakin tinggi faktor risiko, semakin besar kemungkinan seseorang punya penyakit ini. Maka, banyak saat ini penderita kolesterol tinggi berusia muda dan badannya tak gemuk,” tulis laporan Kementerian Kesehatan, (Kemenkes), dikutip Selasa (17/1/2023).

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. Kondisi kolesterol tinggi dapat membahayakan nyawa, karena penyakit ini bisa memicu masalah serius seperti serangan jantung hingga stroke.

Baca Juga :   Air Kelapa Banyak Dicari Masyarakat di Tengah Pandemi, Ini Alasannya

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, tes tekanan darah bisa menjadi solusinya. Selain itu, terapi menurunkan kolesterol tinggi, penderita akan secara rutin dijadwalkan berkonsultasi dengan dokter.

Di sisi lain, upaya pencegahan perlu dilakukan oleh mereka yang kadar kolesterolnya masih terkendali. Jadi, bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi sejak dini?

1. Menerapkan Pola makan sehat
Diharapkan, bisa membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan hindari konsumsi minuman beralkohol. Untuk itu, sangat disarankan perbanyak makan buah dan sayur, serta ikan.

Baca Juga :   Gandeng Pergizi Pangan, FFI Edukasi Gizi dan Salurkan Produk Berkualitas

2. Menurunkan berat badan berlebih
Karena berat badan berlebih menjadi faktor risiko penyakit kolesterol. Karena itu, untuk mencegah kolesterol tinggi sejak dini pastikan berat badan selalu ideal.
“Dengan menurunkan berat badan, kadar kolesterol total juga dapat turun,” ungkap laporan Kemenkes.

3. Berolahraga secara teratur
Selagi masih muda dan punya kekuatan untuk berolahraga, maka olahragalah. Aktivitas fisik terbukti dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

“Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit tiap hari, misalnya jogging, lari, bersepeda, atau berenang,” saran Kemenkes.

4. Hentikan kebiasaan merokok
Anak muda yang sehat itu yang tidak merokok. Karena merokok terbukti membawa banyak masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi.

Baca Juga :   Pandemi Bikin Kualitas dan Kuantitas Tidur Masyarakat Memburuk

“Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan mempercepat penumpukan plak dalam arteri.
Jadi, berusahalah untuk berhenti merokok sekarang juga,” tegas Kemenkes.

5. Batasi asupan minuman beralkohol
Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, mulai sekarang batasi asupan minuman beralkohol.
Menurut laporan Pusat Pencegahan dan Pengendalian penyakit Amerika Serikat (CDC), batas aman konsumsi alkohol untuk laki-laki tidak lebih dari 2 gelas per hari dan perempuan tidak lebih dari segelas per hari. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO