Berita  

Panglima TNI dan Kapolri Tampil Bareng di Pagelaran Wayang Orang di TIM

Ilustrasi

JagatBisnis.com  – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar wayang orang dengan judul “Pandawa Boyong” di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (15/1/23023) malam. Menariknya, kegiatan ini melibatkan sejumlah pejabat utama TNI AL, AD, dan AU, serta Polri. Termasuk 450 prajurit TNI AL dan juga Laskar Indonesia Pusaka (LIP) serta grup wayang orang Bharata.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera TNI Angkatan Laut, yang jatuh setiap tanggal 15 Januari,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, dalam keterangan tertulis, Minggu (15/1/2023).

Julius mengungkapkan, pagelaran wayang orang ini merupakan ide dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Pagelaran ini menceritakan tentang Lakon Pandawa Boyong. Di mana, ketika lima orang ksatria bersaudara boyongan (pindah) dari Alengka yang dikuasai Kurawa ke Astinapura. Kepindahan itu untuk memerdekakan diri dari kekuasaan Kurawa.

Baca Juga :   Kematian Brigadir J, Polri Belum Temukan Benang Merah Rekonstruksi Ulang

“Makna dalam cerita ini dapat menjadi pesan moral untuk masyarakat agar lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila,” bebernya.

Baca Juga :   Kapolri Sebut Penularan Omicron 5 Kali Lebih Cepat

Dia menambahkan, pagelaran seni budaya ini selain menampilkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang berperan sebagai tokoh Bima Sena, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Prabu Puntadewa, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Batara Baruna. Sedangkan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Batara Brama, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Eyong Abayasa, dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Vero Yudo Margono sebagai Dewi Nagagini.

Baca Juga :   Kapolri Ungkap Awal Mula Penangkapan Irjen Teddy Minahasa

“Selain menampilkan pejabat utama TNI dan Polri, pagelaran ini juga melibatkan sejumlah artis Tanah Air,” tutup Julius. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO