Belum Ada Vaksin, Virus Berpotensi Mematikan Muncul di Australia

JagatBisnis.comPihak berwenang dan layanan kesehatan Australia memperingatkan masyarakat dengan adanya peningkatan nyamuk pembawa berbagai virus ensefalitis di tengah banjir dan cuaca panas. Setidaknya, ada satu virus baru yang tidak memiliki vaksin.

Layanan Kesehatan New South Wales (NSW) Australia telah melaporkan nyamuk yang membawa penyakit ensefalitis Murray Valley yang berpotensi mematikan telah dilaporkan di kota Menindee, Darling River.

Organisasi memperingatkan virus Murray Valley Encephalitis tidak memiliki vaksin atau perawatan khusus. Untuk cara terbaik menghindari infeksi adalah dengan menghindari gigitan nyamuk. Infeksi yang dibawa oleh nyamuk lainnya termasuk ensefalitis Jepang, Demam Sungai Ross, dan virus Hutan Barmah.

“Di antara mereka yang terkena infeksi parah, beberapa mungkin meninggal atau mengalami komplikasi neurologis seumur hidup,” ungkap Richard Broome, direktur eksekutif Perlindungan Kesehatan NSW, dikutip Kamis (12/1/2023).

Virus itu sendiri hidup dalam siklus nyamuk-burung-nyamuk dan hanya dapat menginfeksi manusia melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi. Namun penyakit ini tidak menular dari orang ke orang.

Pihak berwenang juga melaporkan peningkatan lima kali lipat jumlah vektor nyamuk Demam Sungai Ross dan Hutan Barmah di wilayah Mallee, sebelah barat Adelaide. Mereka juga melaporkan peningkatan nyamuk lima kali lipat yang mampu membawa penyakit seperti Japanese ensefalitis dan Kunjin/West Nile Virus. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO