Ukraina Bantah Kota Soledar di Donetsk Dikuasai Tentara Bayaran Rusia

JagatBisnis.comOrganisasi swasta tentara bayaran Rusia, Wagner Group, mengeklaim bahwa pasukannya berhasil menguasai Kota Soledar, Ukraina. Kota itu terletak sekitar 18 km dari Kota Bakhmut yang sekarang menjadi lokasi pertempuran paling membara.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, pada Selasa (10/1).

“Saya ingin mengkonfirmasi pembebasan total dan pembersihan wilayah Soledar dari unit-unit tentara Ukraina. Unit-unit Ukraina yang tidak mau menyerah dihancurkan,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga :   Prancis Sita Kapal Kargo Rusia

Prigozhin menambahkan, tentara Wagner Group juga telah menumpas sekitar 500 pasukan Ukraina dalam pertempuran itu. “Seluruh kota dikotori dengan mayat tentara Ukraina,” sambung dia.

Sehari sebelumnya, Prigozhin sempat mengumumkan pernyataan serupa. Namun, ia mengaku kala itu pertempuran dengan pasukan Ukraina masih berlanjut hingga akhirnya pihak Rusia mengkonfirmasi kebenaran bahwa Soledar berhasil mereka kuasai.

Meski demikian, tampaknya pihak Ukraina memandang hal yang sebaliknya. Presiden Volodymyr Zelensky secara terpisah mengejek klaim Moskow tersebut dan justru mengatakan bahwa pertempuran di Soledar belum berakhir.

Baca Juga :   Amerika Serikat Larang Impor Migas dari Rusia

“Negara teroris dan para propagandisnya mencoba untuk berpura-pura bahwa bagian dari kota kami Soledar adalah semacam milik Rusia,” kecam Zelensky dalam pidato videonya di hari Rabu.

“Tapi pertempuran terus berlanjut. Teater operasi Donetsk masih bertahan,” imbuhnya.

Selain itu, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina dalam postingan di Facebook melaporkan bahwa Rusia telah menderita kerugian besar saat berupaya merebut kendali atas Kota Soledar dan memotong rute pasokan senjata Barat untuk pasukan pro-Ukraina.

Baca Juga :   Rusia Dikeroyok dan Disanksi Negara-negara Eropa

Soledar adalah salah satu kota yang terletak di wilayah Donetsk — salah satu provinsi yang dianeksasi Moskow pada September 2022 lalu. Kota ini terkenal dengan pusat penambangan garam dan berpopulasi sekitar 11 ribu orang.

Tak jauh dari Soledar, terletak Kota Bakhmut yang sudah selama beberapa pekan terakhir menjadi fokus pertempuran paling intens pada bulan ke-11 invasi Rusia ke Ukraina. (tia)

MIXADVERT JASAPRO