Gempa Beruntun Guncang Jayapura

JagatBisnis.com Kota Jayapura dikejutkan guncangan beruntun pada Selasa( 10/ 1/ 2023) jam 21. 51 Waktu indonesia timur(WIT). Gempa bumi pertama dengan kekuatan magnitudo 3. 4 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2. 39° LS dan 140. 73° BT, ataupun persisnya berada di laut pada jarak 24 kilometer timur laut Kota Jayapura.

Baca Juga :   Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 Magnitudo

Disusul guncangan lanjutan jam 21. 57 Waktu indonesia timur(WIT) dengan magnitudo 3. 6. Kedua gempa bumi ini mempunyai kedalaman yang serupa, ialah 10 km.

Kepala Balai Besar MKG Area V, Yustus Rumakiek menarangkan dengan mencermati posisi episenter, kedalaman hiposenter serta metode patahan, hingga gempa bumi yang terjadi ialah tipe gempa bumi dangkal dampak terdapatnya aktivitas sesar lokal yang melintas di area Kota Jayapura.

Baca Juga :   Solomon Diguncang Gempa Berkekuatan 7 Magnitudo dan Berpotensi Tsunami

” Dampak gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI. Kemudian gempa bumi dengan magnitudo 3, 6 dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO