Usai Gempa Bermagnitudo 7,5 di Maluku, Sebuah Pulau Muncul di Tengah Laut

JagatBisnis.com –  Warga Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar Utara, Tanimbar, Maluku dihebohkan dengan kemunculan pulau misterius di permukaan laut wilayah itu. Pulau tersebut muncul setelah gempa bermagnitudo 7,5 mengguncang Tanimbar, Selasa (10/1/2023) dini hari.

Kepala Desa Teinaman, Bony Kelmaskossu mengungkapkan, gempa mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau. Kemunculan pulau itu membuat warganya panik dan takut hingga memilih mengungsi dan menyelamatkan diri.

“Untuk sementara ini kami memutuskan, mengarahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu demi keamanan. Kami berharap, secepatnya pemerintah dan instansi teknis terkait untuk menindaklanjuti fenomena alam munculnya pulau di desanya,” kata Bony, Rabu (11/1/2023).

Secara terpisah, Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary mengungkapkan, pihaknya belum bisa menjelaskan munculnya pulau tersebut secara detail karena perlu melakukan kajian mendalam. Karena istilah yang mirip dengan fenomena ini dikenal dengan mud volcano. Akan tetapi perlu di kaji lagi secara detail.

“Informasi yang kami peroleh belum lengkap. Apakah fenomena itu memang murni diakibatkan oleh dampak ikutan akibat gempa atau bukan. Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi yang akurat,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO