Laga Persib Vs Persija Digelar Tanpa Jakmania

JagatBisnis.comKapolda Jawa Barat Irjen Suntana menetapkan, pertandingan antara Persib Bandung Vs Persija Jakarta yang berlangsung hari ini di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat tak akan dihadiri oleh penonton Macan Kemayoran.

“Karena pengamanan dalam GBLA belum sepenuhnya siap. Saya sebagai Kapolda memutuskan pertandingan Persib melawan Persija digelar tanpa penonton dari pihak Persija,” ungkapnya kepada wartawan di Bandung, Rabu (11/1/2023).

Selain itu, Suntana juga menilai, laga tersebut rawan konflik. Meskipun beberapa petinggi dari kedua pendukung telah melakukan rekonsiliasi agar berdamai. Namun menurutnya, potensi konflik itu masih cukup tinggi.

Baca Juga :   Doa dan Dukungan Terus Mengalir untuk Umuh Muchtar

Karena pertimbangan keamanan dan petugas yang belum terbiasa mengamankan pertandingan dua klub ini, maka pihak kepolisian setempat memutuskan agar pertandingan kali ini tidak dihadiri oleh penonton Macan Kemayoran atau suporter Persija Jakarta.

Adapun, jika sudah ada tiket yang terjual, suporter Persija bisa melakukan permintaan pengembalian uang tiket, atau menukarnya untuk pertandingan selanjutnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat juga memastikan tidak ada personel kepolisian yang melakukan pengamanan di area dalam Stadion GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat saat laga Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta.

Baca Juga :   Ini Alasan Persib Tak Mainkan Teja saat Hadapi Persipura

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan ada dua zona pengamanan saat laga tersebut yakni zona luar dan zona dalam stadion. Adapun pihak kepolisian bersiaga di area luar stadion atau Zona 2.

“Tidak ada lagi polisi yang berjaga di Zona 1, adapun Zona 1 itu meliputi seluruh stadion, seperti lapangan, tribun, sarana dan lokasi-lokasi lainnya di dalam gedung,” kata Ibrahim, Senin (9/1/2023).

Baca Juga :   Persib Bandung Resmi Datangkan Gelandang Anyar Asal Palestina

Dia menjelaskan, Zona 1 nantinya bakal dijaga oleh steward officer atau petugas pengamanan dari panitia penyelenggara. Sehingga pengamanan di Zona 1 merupakan kewenangan penuh dari panitia penyelenggara.

Namun pada kondisi tertentu, menurutnya steward bisa berkoordinasi dengan kepolisian apabila membutuhkan bantuan pengamanan oleh polisi.

“Pola pengamanan saat ini agak berbeda dengan sebelumnya, pengamanan saat ini menerapkan Perpol Nomor 10 Tahun 2022, tentang pengamanan kompetisi olahraga,” ujarnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO