Ini Tips Amankan Mobile Banking Saat Ponsel Hilang

JagatBisnis.comKehilangan handphone kerap dikhawatirkan oleh masyarakat karena berbagai data yang tersimpan di dalamnya, termasuk mobile banking. Saat kehilangan handphone, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Direktur Jaringan dan layanan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Andrijanto memberi tips untuk mengamankan mobile banking aplikasi BRImo saat nasabah kehilangan ponsel. Untuk itu, nasabah didorong menggunakan finger print saat login. Maka, saat ponsel hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam selama 7 hari. Hal itu guna mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertangungjawab.

“Kami melengkapi layanan dengan call center yang bisa diakses oleh nasabah kapan saja secara real time untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk apabila handphone nasabah hilang. Karena kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir,” kata Andrijanto dalam keterangan resmi, di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga :   Meski Pandemi, BRI Peduli Tetap Mengutamakan Penyelamatan UMKM

Dia menjelaskan, layanan Call Center tersebut juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung atau terinstaldi ponsel yang hilang. Selain itu, kami juga memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) Smart BRI New Assistant atau Sabrina.

Baca Juga :   BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

“Asisten virtual ini akan melayani aduan nasabah di beberapa kanal, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan akun BRI nasabah. Kami juga menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di ponsel. Langkah antisipasi lain yang bisa dilakukan nasabah adalah dengan melakukan penggantian password email, social media, dan aplikasi penting lainnya secara berkala untuk mencegah kebocoran data pribadi saat kehilangan ponsel,” paparnya.

Baca Juga :   Kini, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Dia menambahkan, jika nasabah berganti ponsel, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Ini termasuk menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya. (*/eva)