Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sulawesi Utara

JagatBisnis.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai tingginya gelombang di perairan Sulawesi Utara.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan gelombang laut setinggi enam meter berpotensi terjadi hingga beberapa hari ke depan.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dipicu cuaca ekstrem,” katanya, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga :   Warga Diminta Waspada Gelombang Tinggi 4-6 Meter di Selatan Jabar-DIY

Menurutnya, angin kencang diperkirakan terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Talaud dan sekitarnya. Selain itu gelombang tinggi juga berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Bitung-Likupang, dan laut Maluku bagian Utara.

Baca Juga :   Gelombang Tinggi Tak Pengaruhi Minat Wisatawan Kunjungi Pantai Bantul

Kemudian gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di laut Sulawesi bagian tengah, perairan utara Pulau Bunaken, perairan pesisir selatan Sulawesi Utara, dan laut Maluku bagian Selatan dengan ketinggian gelombang 2,5 meter.

Baca Juga :   Masyarakat Pesisir Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

“Warga yang melakukan aktivitas di wilayah-wilayah perairan dengan tinggi gelombang laut yang membahayakan, untuk lebih berhati-hati dan waspada agar terhindar dari kecelakaan,” tandasnya. (tia)