Bahaya Nitrogen Cair dalam Ciki Ngebul, Begini Kata Dokter

JagatBisnis.com –  Kasus keracunan nitrogen cair dalam es ciki ngebul (ice smoke) yang dialami puluhan anak di Tasikmalaya dan Bekasi, Jawa Barat menjadi perhatian khusus. Mereka mengalami gejala seperti pusing, sesak napas, muntah-muntah, dan mual usai menyantap ciki ngebul yang dijual di sekitar sekolah.

Baca Juga :   Puluhan Anak di Bandung Alami Sakit Perut hingga Radang Usus Akibat Makan Ciki Ngebul

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan, reaksi keracunan yang dialami sejumlah anak itu diduga akibat ciki ngebul yang dikonsumsi terkontiminasi kuman atau bakteri. Sehingga pasien muntah-muntah dan diare atau nyeri perut.

“Ciki ngebul yang memiliki kandungan nitrogen memang tidak direkomendasikan untuk dimakan. Sebab, dapat menimbulkan kerusakan pada saluran cerna atas. Apalagi, nitrogen itu punya sifat daya beku yang besar. Artinya, ketika terpapar kulit manusia, itu dapat merusak struktur kulit akibat suhu dingin yang ditimbulkan,” jelas dr Ari, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga :   Puluhan Anak di Bandung Alami Sakit Perut hingga Radang Usus Akibat Makan Ciki Ngebul

“Sementara itu, keracunan akibat ciki ngebul ini bukan kali pertama terjadi di Jawa Barat. Dilaporkan, Jawa Barat sudah mencatat total 28 kasus,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO