Puluhan Anak di Bandung Alami Sakit Perut hingga Radang Usus Akibat Makan Ciki Ngebul

JagatBisnis.com –   Jajanan es nitrogen cair atau yang lebih dikenal dengan nama es ciki ngebul (ice smoke) di Bandung, Jawa Barat telah memakan korban. Sebanyak 28 anak di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Bekasi mengalami keracunan hingga radang usus.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Jabar, Ryan Bayusantika Rustandi mengungkapkan, kasus tersebut diketahui terjadi di dua tempat yakni Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa (15/11/2022) dan Kota Bekasi pada Rabu (21/12/2022). Di Kabupaten Tasikmalaya total ada 24 anak yang mengonsumsi ciki ngebul dan diduga mengalami keracunan. Sebanyak 16 anak tidak bergejala, 7 anak bergejala sakit perut dan pusing serta 1 anak dilarikan ke rumah sakit.

“Perawatan anak yang dilarikan ke rumah sakit tak berlangsung lama. Anak itu langsung dipulangkan usai kondisinya dinyatakan sehat,” terangnya, di Bandung, Sabtu (7/1/2023).

Dia melanjutkan, untuk korban yang di Kota Bekasi, tercatat ada 4 anak yang keracunan usai mengonsumsi ciki ngebul dan 1 anak di antaranya dilarikan ke RS Haji Jakarta Selatan karena mengalami peradangan dinding usus.

“Anak-anak yang keracunan akibat mengonsumsi ciki ngebul rata-rata berusia 4 hingga 13 tahun atau berada pada jenjang TK hingga SMP. Berkaca pada peristiwa tersebut, kami juga kini tengah mengkaji larangan peredaran ciki ngebul di Jabar. Tentu saja dengan adanya kasus yang berat ini, akan menjadi pertimbangan yang segera dijadikan suatu kebijakan, apakah disetop peredaraannya atau tetap diperbolehkan,” ungkapnya.

Ryan menambahkan, berdasarkan hasil pengamatan, anak yang bergejala berat hingga mengalami di bagian usus ternyata mengonsumsi bagian sisa cairan nitrogen yang terdapat pada ciki. Pihaknya berharap, masyarakat lebih berhati-hati karena makanan yang mengandung cairan nitrogen itu berbahaya bagi anak-anak. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO