PPKM Dicabut, Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tumbuh Positif di 2023

JagatBisnis.comPencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diyakini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah mengaku optimistis, ekonomi RI akan bergerak di kisaran 4,75 hingga 5,35 persen, meski situasi ekonomi global pada tahun 2023 terancam tesesi dan pandemi belum sepenuhnya berakhir.

Baca Juga :   PPKM Resmi Dicabut, Dinkes DKI: Tetap Wajib Disiplin Masker

“Proyeksi selama ini sudah mempertimbangkan berakhir nya pandemi. Proyeksi Pertumbuhan ekonomi 2023 tetap di kisaran 4,75-5,25 persen,” kata Piter di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Selain itu, menurutnya keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai tepat, karena situasi pandemi Covid 19 berhasil ditangani baik oleh pemerintah. Apalagi, kondisi di Indonesia selama beberapa bulan terakhir memang sudah tidak lagi dalam suasana pandemi.

Baca Juga :   Jokowi: PPKM Dicabut Bukan untuk Gagah-gagahan

“Saya sependapat dengan pemerintah untuk mencabut status PPKM. Untuk itu, saya optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak hanya dilihat dari dalam negeri, melainkan beberapa lembaga internasional percaya terhadap ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh positif. Apalagi, berbagai lembaga dunia seperti OECD, IMF, World Bank, ADB memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia antara 4,7 sampai 5,1 persen di tahun 2023,” ujarnya. (*/els)