Aceh Besar Diguncangkan Gempa Berkekuatan 3,7 Magnitudo

Ilustrasi Gempa Bumi Foto; Detikcom

JagatBisnis.com –¬†Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika( BMKG) sudah mengetahui guncangan yang terjadi di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Pekan( 1/ 1/ 2023) dekat jam 00. 22 Wib, selaku gempa awal di Indonesia yang dapat dialami pada tahun ini. Guncangan itu dikabarkan berkekuatan 3, 7 magnitudo.

Baca Juga :   Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo

Bersumber pada data BMKG yang dibagikan melalui [email protected], pusat guncangan itu di darat 10 kilometer timur laut Jantho, Aceh Besar, dengan kedalaman 8 kilometer.

Gejolak guncangan ini dialami di wilayah Sigli dengan skala intensitas III- IV MMI. Maksudnya, getaran dialami nyata dalam rumah seakan- akan terdapat truk lalu. Pada siang hari dialami oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh sebagian orang, beling pecah, jendela atau pintu berderik serta dinding berbunyi.

Baca Juga :   Pascagempa NTT, 768 Rumah di Pasimarannu Rusak Berat

” Gempa pertama kali terjadi di tahun 2023: Gempa Mag: 3. 7, 01- Jan- 23 00: 22: 07 WIB, Lok: 5. 29 LU, 95. 69 BT( 10 km TimurLaut JANTHO- ACEHBESAR), Kedlmn: 8 Km. Dirasakan di Sigli III- IV MMI:: BMKG,” cuit Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Pekan( 1/ 1).

Baca Juga :   Usai Hujan Es, Gempa Terjadi di Banten Getarannya Sampai ke Jakarta

(tia)