Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia

JagatBisnis.com –  Paus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95, pada Sabtu (31/12/2022), setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk.

Benediktus XVI terpilih menjadi Paus ke-265 di usia 78 pada 2005. Dia menjadi Paus tertua yang pernah ditunjuk sejak Paus Clement XII pada 1730-1740.

“Dengan rasa duka mendalam kami mengabarkan, Paus Emeritus, Benediktus XVI meninggal dunia hari ini Sabtu (31/12/2022), pukul 9. 34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” demikian dikutip dari Vatican News.

Kabar kesehatan Benediktus yang memburuk pertama kali diungkap oleh Paus Fransiskus dalam sebuah pertemuan umum di Vatican pada Rabu (28/12/2022). Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus memaparkan pendahulunya itu sedang sangat sakit dan meminta seluruh hadirin untuk mendoakannya.

“Saya ingin meminta Anda semua memanjatkan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus yang selalu menopang Gereja dalam ketenangannya. Dia sangat sakit. Kami memohon kepada Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya dalam kesaksian kasih bagi Gereja ini sampai akhir hayatnya,” paparnya.

Sementara itu, juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, kemudian mengonfirmasi kondisi Benediktus semakin memburuk gara-gara faktor usia.

“Dalam beberapa jam terakhir, kondisinya terus memburuk. Tapi, saat ini tetap terkendali dan terus dipantau oleh dokternya,” kata Bruni.

Perlu diketahui, Benediktus mengundurkan diri sebagai Paus pada 2013 karena faktor umur dan kesehatan. Ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak 600 tahun terakhir. Selama ini, para Paus menyelesaikan jabatannya hingga diganti ketika meninggal dunia. (*/els)