Dukung Entrepreneur Muda, Proporsi Kredit UMKM BRI Tembus Rp852 Triliun

JagatBisnis.com-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI konsisten mempertajam fokus pembiayaan pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung utama bisnisnya. Hal itu tercermin dari proporsi kredit UMKM yang telah menyentuh 84,20 persen atau setara Rp852,12 triliun dari total kredit Rp1.111,48 triliun hingga kuartal III/2022.

Baca Juga :   BRI Permudah Wisman Berwisata dengan Pengurusan Visa Online

Direktur Bisnis Kecil, dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, sejalan dengan upaya menumbuhkembangkan UMKM, pihaknya menyelenggarakan program akselerasi bisnis Pengusaha Muda BRILian (PMB) 2022. Program yang berlangsung sejak Mei 2022 itu telah berakhir dan terdapat tiga pengusaha muda yang menjadi pemenang PMB 2022.

“Untuk itu, kami senantiasa mendorong pemberdayaan untuk membantu pelaku UMKM naik kelas. Dukungan pemberdayaan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM dan memperluas pasar dengan go global,” terangnya, dalam keterangan Minggu (1/1/2023).

Baca Juga :   Laba Bersih BRI Kuartal I 2022 Naik 78,13 Persen Jadi Rp 12,2 Triliun

Menurut Amam, pihaknya juga melihat ada beberapa peserta yang sebenarnya telah mencicipi persaingan pasar mancanegara dengan jenis produk seperti rendang, batik tulis, ataupun kain songket yang tentunya membawa citra positif produk Indonesia di mata dunia.

Baca Juga :   Tinggalkan Status BUMN, Kini PNM Jadi Anak Usaha BRI

“Melalui program ini, kami dorong peserta lain untuk juga mengikuti jejak tersebut dengan memasuki persaingan pasar global yang tentunya akan lebih kompetitif,” ungkapnya. (*/eva)