Dalam Waktu Dekat, PDIP Bakal Deklarasi Capres 2024

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

JagatBisnis.com PDIP bakal mendeklarasikan calon presiden (capres) yang bakal diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan sosok capres yang bakal diusung sudah ditentukan, dan bakal diumumkan pada 2023.

Hasto menyebut, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan langsung capres yang dimaksud. Namun Hasto enggan menyebut siapa kandidat yang dimaksud.

“Bu Mega telah memutuskan untuk rencana mengumumkan capres pada 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan, capres PDIP akan diumumkan di tahun 2023,” jelas Hasto, dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga :   Megawati akan Setor Nama Pengganti Tjahjo Kumolo

Selama ini PDIP seakan terpecah lantaran sebagian internalnya mendorong Ketua DPR Puan Maharani sebagai capres, namun tak sedikit kalangan yang mendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres. Malahan, Presiden Jokowi disebut-sebut lebih mengarahkan dukungan kepada Ganjar dibanding Puan.

Baca Juga :   Megawati Digugat Mantan Kader Hingga Rp40 Miliyar

DPP PDIP menindak tegas kader yang membicarakan pencapresan. Sejumlah loyalis Puan di DPR dikenakan sanksi. Bahkan Ganjar juga dikenakan sanksi lantaran menyatakan siap nyapres dalam sebuah acara wawancara televisi.

Hasto mengatakan, sosok yang bakal diusung PDIP nantinya merupakan figur yang dianggap mampu melanjutkan nafas kepemimpinan Jokowi. Namun dia tidak mengungkap secara eksplisit siapa kandidat yang dimaksud.

Baca Juga :   Jokowi: PDIP Jadi Partai Terbesar di Indonesia

“Dari Bung Karno, Bu Mega, dan Pak Jokowi. Ketiga, calon tersebut sudah disiapkan secara matang untuk mampu jadi pemimpin, yang memikul tanggung jawab di masa depan,” terangnya. (tia)