Polri Terapkan Rekayasa Lalin di Sekitar Gereja saat Malam Misa Natal 2022

JagatBisnis.com –  Pihak kepolisian dari Korlantas Mabes Polri memastikan bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah gereja pada perayaan ibadah malam Misa Natal yang jatuh pada hari ini, Sabtu (24/12/2022).

“Kemudian untuk nanti malam kita sudah fokus ke tempat ibadah, untuk jalur disekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah-wilayah dilakukan rekasaya lalu lintas untuk memperlancar disekitar tempat peribadatan,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan di gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (24/12/2022).

Lebih lanjut, Aan mengatakan pemberlakuan rekayasa lalin ini akan diterapkan di setiap daerah dan bersifat situasional.

Baca Juga :   Natal 2021, Uskup Agung Jakarta Ajak Umat Kristiani Perkuat Persaudaraan

“Nanti itu masing-masing wilayah, masing-masing Polda tentu akan melakukan rekayasa lalu lintas. Ini untuk memperlancar arus lalu lintas yang berada di sekitar tempat peribadatan, itu nanti dari masing-masing wilayah yang menentukan,” jelasnya.

Adapun dari Polda Metro Jaya sendiri sudah menyiapkan antisipasi dan ribuan personel pengamanan untuk 1.385 gereja yang ada di wilayah hukumnya dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat yang akan merayakan ibadah Natal.

Baca Juga :   Katedral Jakarta Batasi Misa Natal untuk 650 Umat

“Kami mencatat ada 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang akan diamankan oleh kepolisian, dibantu rekan-rekan dari TNI dan juga dari pemerintah daerah serta masyarakat tentunya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Senin.

Baca Juga :   Menjelang Natal, Harga Cabai dan Bawang di Pasar Senen Naik

Endra mengatakan dalam rangka melakukan tugas pengamanan tersebut Polda Metro Jaya telah menyiapkan 7.421 personel polisi selama Operasi Lilin Jaya 2022 mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Lebih lanjut Zulpan mengatakan pihak kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan dan penyisiran di gereja dan tempat-tempat lainnya akan akan digunakan untuk perayaan Natal, untuk memastikan lokasi tersebut dalam keadaan steril dan aman. (tia)