Kasian! Taliban Larang Perempuan Afghanistan Kuliah di Universitas

JagatBisnis.comPihak berwenang Taliban mengeluarkan larangan tanpa batas waktu pendidikan universitas untuk perempuan Afganistan. Larangan itu dikeluarkan Kementerian Pendidikan Tinggi dalam sebuah surat pada Selasa (20/12/2022). Larangan tersebut berlaku disemua universitas negeri dan swasta.

“Anda semua diberitahu untuk melaksanakan perintah penangguhan pendidikan perempuan tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan Tinggi Neda Mohammad Nadeem.

Juru bicara kementerian, Ziaullah Hashimi, yang men-tweet surat itu, mengonfirmasi perintah tersebut melalui pesan teks kepadaAFP yang dilansir Rabu (21/12/2022).

Baca Juga :   Taliban Berjanji Segera Izinkan Anak Perempuan Kembali ke Sekolah

Larangan pendidikan tinggi datang kurang dari tiga bulan setelah ribuan pelajar perempuan mengikuti ujian masuk universitas di seluruh negeri. Karena banyak yang bercita-cita memilih jurusan teknik dan kedokteran sebagai karier masa depan.

Baca Juga :   Tak Perhatikan Hak Wanita, Sekjen PBB Semprot Taliban

Setelah pengambilalihan negara oleh kelompok garis keras Taliban pada Agustus tahun lalu, universitas-universitas di Afghanistan dipaksa untuk menerapkan aturan baru termasuk ruang kelas dan pintu masuk yang dipisahkan berdasarkan gender. Sementara wanita hanya diizinkan untuk diajar oleh profesor wanita atau pria tua.

Baca Juga :   Taliban Temui PBNU, Ini yang Dibahas

Sebagian besar siswi remaja di seluruh negeri telah dilarang mengakses pendidikan sekolah menengah, yang efeknya sangat membatasi penerimaan masuk universitas. (*/els)