BNPB: Ada 45 Bencana Terjadi Selama Sepekan, Banjir Terbanyak

JagatBisnis.com –  Dalam sepekan terakhir atau periode 12 sampai 18 Desember 2022, tercatat ada 45 kejadian bencana melanda Indonesia. Informasi ini diungkapkan Badan Nasional Penanggulangan (BNPB) dan kejadian banjir paling banyak.

“Kalau kita lihat dalam 1 minggu 12-18 Desember itu kita masih dominan di banjir dari total 45 kejadian bencana, 22 kali banjir, cuaca ekstrem, tanah longsor masih turunannya itu,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari YouTube resmi BNPB, Selasa (20/12/2022).

Aam sapaan akrabnya mengatakan, memasuki bulan Desember ini bahkan hingga Februari tahun 2023 mendatang harus waspada terhadap potensi kejadian bencana hidrometeorologi. Meskipun pada bulan Oktober hingga November sudah banyak kejadian bencana hidrometeorologi.

Baca Juga :   BNPB: Optimistis Dapat Cegah Covid-19 Gelombang Ketiga

“Jadi, minggu ini tanggal 12 sampai 18 Desember, kita masuk minggu ke-3 Desember. Artinya, kita secara musim yang normal itu kita sudah ada pada musim hujan dan tentu saja kita harus waspada meskipun di Oktober dan November kita sangat banyak mengalami kejadian bencana hidrometeorologi,” ucap Aam.

Baca Juga :   Selama 2021, Ada 8,26 Juta Pengungsi Akibat Bencana di Indonesia

Lebih lanjut, Aam mengimbau, masyarakat juga harus kembali waspada untuk Januari-Februari yang mungkin ini merupakan puncak musim hujan. Jika ada cuaca ekstrem turunannya pasti banjir atau tanah longsor.

Baca Juga :   BNPB Kirimkan Bantuan Logistik Rp1,1 Miliar untuk Para Pengungsi Semeru

“Kita masih punya kejadian gempa bumi di Karangasem, kekuatannya cukup besar, tetapi karena cukup dalam jadi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti,” paparnya. (*/eva)