Terendam Banjir, Arus Lalu Lintas di Jalur Pantura Pati Tersendat

JagatBisnis.com –  Jalur pantai utara (Pantura) Pati, Jawa Tengah, Senin (19/12/2022) pagi terendam banjir akibat meluapnya Sungai Kaliombo di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

Akibatnya, arus lalu lintas jadi tersendat akibat kendaraan yang harus antre untuk bisa melintas.”Jika tidak segera ditangani, tentunya setiap musim penghujan akan mengakibatkan banjir di wilayah bawah, terutama di sepanjang aliran sungai yang menampung air dari kawasan pegunungan tersebut,” katan Kepala Pelaksana Harian BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya dalam keterangannya.

Menurutnya, faktor utama penyebab terjadinya banjir tersebut karena Pegunungan Kendeng yang perlu dihijaukan secepatnya. Akibat air yang deras, tanggul sungai di Desa Ketitang Wetang pada Jumat (16/12/2022) jebol hingga menyebabkan aliran sungai meluap hingga ke Jalur Pantura.

Baca Juga :   Delapan Rumah Warga Mamuju Hanyut karena Banjir

Untuk memperbaiki tanggul rusak tersebut, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dilibatkan agar prosesnya lebih cepat agar tidak meluas ke pemukiman warga.

Baca Juga :   Banjir di Pantura Jateng, Ganjar: Harus Segera Diatasi

Menurut keterangan warga, air mulai meluap ke jalan raya sekitar Senin (19/12/2022) pukul 02.00 WIB, setelah kawasan Pegunungan Kendeng kembali diguyur hujan deras.

Baca Juga :   236 Rumah di Karawang Terendam Banjir Akibat Meluapnya Sungai Citarum

Selain menimbulkan genangan banjir di jalan raya, banjir juga merendam akses jalan di permukiman warga Desa Ketitang Wetan dengan ketinggian bervariasi.

Jalur yang menghubungkan Provinsi Jateng dengan Jawa Timur itu juga banyak lubang sehingga pengendara harus hati-hati.(tia)

MIXADVERT JASAPRO