Waspada! Kuaci Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

JagatBisnis.com-Makanan ringan kuaci atau biji bunga matahari yang biasa menemani Anda bersantai kerap dikaitkan dengan kolesterol. Makanan apapun bisa jadi salah satu faktor pemicu gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun apakah benar kuaci bisa sebabkan kolesterol?

Melansir dari Healthline, Minggu (18/12/2022), biji bunga matahari sangat tinggi vitamin E dan selenium, berfungsi sebagai antioksidan, untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang juga berperan dalam penyakit kronis. Kuaci ternyata memiliki kandungan Cynarin dari biji bunga matahari bermanfaat bagi kesehatan.

“Sehingga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol. Efek yang berpotensi menguntungkan orang dengan hiperglikemia atau hiperlipidemia,” keterangan dalam laman Medical News Today.

Baca Juga :   Sejumlah Ibu di Mekarsari Cianjur Mengolah Wortel Busuk untuk Dimakan

Sementara kandungan nutrisi dalam biji bunga matahari yaitu, tinggi protein dan kaya lemak sehat, dan lain-lain. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (UASD) ¼ cangkir biji bunga matahari panggang kering tanpa garam mengandung: Kalori: 207, Protein: 5,8 gram, Lemak: 19 gram, Karbohidrat: 7 gram dan Serat: 3,9 gram

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Makanan Pemain Timnas U-19 Kurang Baik

Jadi, mengonsumsi kuaci perlu juga ada pertimbangan. Walaupun biji bunga matahari ini makanan sehat, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan, diantaranya alergi, bakteri dan juga berkalori tinggi. (*/els)