Pastikan Listrik di Rumah Aman saat Ditinggal Liburan Nataru, Ini Tips dari PLN

JagatBisnis.com-Memasuki pertengahan bulan Desember, Euforia liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah mulai terasa. Bagi yang akan berlibur ke luar kota atau pulang kampung, PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat agar memastikan kelistrikan rumah dalam kondisi aman. Dengan begitu, masyarakat bisa nyaman dan tenang saat berpergian.

“Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan sistem kelistrikan yang aman, masyarakat bisa tenang di kampung halaman ataupun saat di tempat wisata,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).

Dia menjelaskan, untuk memastikan keamanan kelistrikan di rumah, berikut ini tips aman meninggalkan rumah saat liburan:

Baca Juga :   Tahun Ini, Harga Pertalite dan Listrik Tak Jadi Naik

1. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik.
Pastikan Anda mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan agar lebih aman dari kemungkinan korsleting.

2. Nyalakan lampu penerangan seperlunya.
Penting untuk menjaga penerangan di beberapa bagian seperti teras, bagian tengah dan sisi belakang rumah agar tetap terpantau situasinya, terutama bagi yang memasang kamera pengawas (cctv).

Baca Juga :   Setelah Pelabuhan Ratu, PLN Bakal Alihkan PLTU Pacitan

3. Isi token/bayar tagihan listrik
Bagi masyarakat yang ingin pergi meninggalkan rumah, pastikan listrik dalam kondisi aman. Bagi pelanggan pra bayar, isi token listrik terlebih dahulu sebelum berpergian. Begitu juga bagi pelanggan pasca bayar, bayar dulu tagihan listrik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk menghindari listrik padam.

4. Titip pesan ke tetangga atau melapor ke ketua RT setempat
Jika ada tetangga yang tidak berpergian, sebaiknya minta tolong untuk mengawasi rumah atau melapor ke ketua RT setempat. Hal ini juga penting untuk memastikan keamanan rumah.

Baca Juga :   PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik MXGP Samota 1,38 MVA

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile. Di aplikasi ini pelanggan PLN bisa menikmati berbagai layanan kelistrikan seperti token dan pembayaran, penyambungan baru, ubah daya dan migrasi, serta layanan kelistrikan lainnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO