KAI Dinobatkan Jadi BUMN Paling Informatif

JagatBisnis.comPT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berhasil mempertahankan peringkat 1 Badan Publik Informatif pada kategori BUMN dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022. Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD kepada Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Heru Kuswanto

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat (KIP) atas predikat Badan Publik Informatif ketiga kalinya dan peringkat 1 kedua kalinya kepada KAI secara berturut-turut. Apresiasi ini sebagai wujud komitmennya dalam mengelola keterbukaan informasi publik serta Good Corporate Governance.

“Predikat Informatif yang diraih KAI merupakan peringkat tertinggi dalam Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2022,” kata Didiek, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga :   Mulai Besok, KAI Berlakukan Jadwal Baru KA Pangrango Bogor-Sukabumi

Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya berhasil meraih predikat Informatif peringkat 1 dengan nilai 99,16, naik dibanding 2021 dimana KAI mendapatkan predikat Informatif peringkat 1 dengan nilai 96,95. Sebelumnya pada 2020, pihaknya juga telah mendapatkan predikat Informatif dengan nilai 96,79 yang menempatkan KAI di peringkat 2.

Baca Juga :   Masyarakat Diimbau Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen KAI

“Keterbukaan Informasi Publik secara terbuka atau transparan dijamin oleh negara berdasarkan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008. Masyarakat pun dapat memperoleh data-data sesuai kebutuhan yang bersumber dari badan publik termasuk KAI dengan berpijak pada aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya berkomitmen memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif. Tujuannya, agar semua kalangan dapat memperoleh informasi, termasuk penyandang disabilitas. Hal ini juga merupakan pengimplementasian terhadap Peraturan Komisi Informasi RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Baca Juga :   KAI Ungkap Perlintasan yang Rawan Kena Lemparan Batu di Jakarta

“Apalagi, berbagai inovasi kami lakukan untuk memudahkan para disabilitas. Di antaranya penyediaan jalur khusus bagi tunanetra dan jalur kursi roda bagi tunadaksa untuk dapat masuk ke kantor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID ) kami. Saat di ruangan kami juga telah menyediakan formulir permintaan informasi publik dan pengajuan keberatan braille,” paparnya. (*/eva)