China Berhasil Tanam Beras dan Selada di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

JagatBisnis.com – Ilmuwan berhasil membudidayakan beras, selada dan tanaman lain di luar angkasa. Ada 14 sampel tanaman yang dibudidayakan kru astronot Shenzhou dalam gaya berat mikro di stasiun luar angkasa Tiangong. Tanaman itu dibawa kembali ke Bumi untuk diteliti lebih lanjut, Minggu (4/12/2022).

Seorang peneliti di Center for Excellence in Molecular Plant Science di bawah CAS, Zheng Huiqiong mengatakan China ingin mempelajari bagaimana tanaman dapat dibudidayakan di luar angkasa untuk mendukung misi berawak. Maka, para astronot membudidayakan beras dan biji selada Thale selama 120 hari, mulai dari benih, berkecambah, hingga reproduksi.

“Sekarang sampel itu diteliti CAS untuk pengujian. Hal itu termasuk melihat bagaimana tanaman yang tumbuh berbeda dalam gaya berat mikro dibandingkan dengan sampel di Bumi. Karena menanam tanaman di luar angkasa merupakan tantangan bagi para astronot. Kesulitan terbesar adalah memastikan tanaman melewati setiap tahap pertumbuhan, dan dapat tumbuh normal,” katanya dikutip dari laman Space.com, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :   China Tetap Latihan di Perairan Taiwan

Dia menjelaskan, China telah bereksperimen dengan beras dan tanaman lain di luar angkasa selama lebih dari 30 tahun. China mengirimkan benih ke orbit untuk perjalanan singkat, terpapar ke lingkungan radiasi yang lebih tinggi dari orbit rendah Bumi.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di China Kembali Menyebar

“Setelah proses “mutagenesis ruang” ini, tim kemudian mencari beras dengan mutasi genetik yang meningkatkan hasil atau ketahanannya terhadap penyakit. Ruang sangat terbatas, dan seluruh lingkungan buatan. Sangat sulit untuk menyelesaikan seluruh siklus hidup tanaman di lingkungan buatan,” kata Huiqiong.

Baca Juga :   AS Kalang Kabut saat China Tawarkan Kerja Sama ke Negara Pasifik

Namun kali ini, lanjut dia, dengan melihat seluruh siklus hidup beras, para ilmuwan lebih tertarik mempelajari tentang potensi menanam sayuran dan produksi makanan untuk perjalanan ruang angkasa yang jauh. China plays memiliki rencana untuk membangun Stasiun Penelitian Bulan Internasional. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO