PLN Terjunkan 5.574 Personel, Siaga Nataru di Jateng dan Jogja

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) siap mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama Siaga Nataru di wilayah itu, diterjunkan sebanyak 5.574 personel siaga.

“Personel tersebut terdiri dari 1.174 orang petugas teknik PLN, 3.606 orang pelayanan teknik, 108 orang petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan 693 personel pendukung lainnya,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, AB Wahyu Jatmiko saat apel Siaga Natal dan Tahun Baru yang digelar di halaman kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Rabu (7/12/2022).

Jatmiko menjelaskan, prioritas kelistrikan selama Nataru akan dilakukan pengamanan di beberapa titik lokasi penting tempat ibadah seperti gereja, tempat pelayanan publik meliputi stasiun, terminal, hotel, bandara, serta kantor pemerintahan yang terkait dengan pelayanan publik.

Baca Juga :   PLN Sudah Bangun 27 SPKLU di 5 Destinasi Pariwisata Unggulan

“Prioritas pengamanan untuk memastikan saudara-saudara kita umat kristiani merayakan hari raya Natal dengan nyaman. Selain itu prioritas pengamanan juga dilakukan untuk suplai listrik di seluruh titik lokasi kegiatan dan kunjungan VVIP di wilayah Provinsi Jateng dan DIY, sehubungan dengan perhelatan pernikahan putra Presiden-RI Bapak Joko Widodo,” ungkap Jatmiko.

Baca Juga :   PLN Beri 8.500 Pelanggan Program Nyaman Kompor Induksi

Dia menegaskan, pihaknya mempersiapkan 93 Posko Siaga Nataru yang berlokasi di unit PLN wilayah Jawa Tengah dan DIY. Untuk mendukung kinerja di lapangan, pihaknya membekali personel dengan peralatan pendukung meliputi 14 unit kendaraan PDKB sentuh langsung, 30 unit gardu bergerak, 3 unit kabel bergerak, 19 unit genset, serta 5 unit UPS. PLN juga memberlakukan metode borderless petugas guna mengantisipasi kondisi darurat.

Baca Juga :   Sukses di KTT G20, PLN juga Jamin Keandalan Listrik di Wilayah

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada dalam menghadapi musim penghujan karena kondisi cuaca ekstrim berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan listrik. Partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan apabila terjadi gangguan ataupun yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik dengan menghubungi PLN Mobile,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO