Ini yang Perlu Diperhatikan saat Menaikkan Limit Kartu Kredit

JagatBisnis.com –  Bila digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat menjadi metode pembayaran yang memudahkan. Misalnya, kita dapat memenuhi berbagai kebutuhan dengan cara mencicil dan tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar dalam satu waktu.

Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, tak heran banyak orang yang tertarik untuk mengajukan naik limit kartu kredit. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

1. Sesuaikan dengan kemampuan finansial
Hindari mengajukan naik limit kartu kredit untuk memenuhi gengsi. Jangan sampai kartu kredit justru mengubah perilaku Anda menjadi konsumtif. Selalu lakukan pembayaran secara tepat waktu supaya membuat riwayat penggunaan kartu kredit tetap sehat di mata bank. Sehingga, Anda bisa lebih mudah menaikkan limit.

Baca Juga :   Tips Agar Tidak Terjebak jadi Ekshibisionis Seperti Siskaeee

2. Pastikan cicilan tidak lebih dari 30 persen penghasilan
Para pakar keuangan menyebut, utang yang ideal jumlahnya tidak lebih dari 30 persen penghasilan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gagal bayar jika tiba-tiba kondisi keuangan menurun. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung kembali total utang yang telah ada sebelum mengajukan naik limit kartu kredit.

Baca Juga :   Ingin Menikmati Manisnya Dicintai, Cobalah Hargai yang Tulus

3. Naikkan limit kartu kredit sesuai kebutuhan
Pilih limit yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, bukan keinginan. Evaluasi kembali pemakaian kartu kredit Anda dalam beberapa bulan terakhir sebagai acuan. Pastikan jumlah limit baru yang mau diajukan sesuai dengan kebutuhan Anda. (tia)

MIXADVERT JASAPRO