Presiden Jokowi Minta Informasi BMKG Dimaksimalkan sebagai Peringatan Dini

JagatBisnis.com –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajarannya agar memaksimalkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hal ini terkait informasi peringatan dini kebencanaan dan cuaca. Pandangan tersebut disampaikan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna dengan tema “Perkiraan Kondisi Perekonomian Tahun 2023, Evaluasi Penanganan Covid-19, serta Antisipasi Krisis Pangan dan Energi.

Baca Juga :   Jokowi Sebut WHO Saja Tak Bisa Prediksi Kapan Pandemi Berakhir

“Antisipasi bencana cuaca ekstrem dan yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas, agar kita semuanya memberikan perhatian memaksimalkan informasi cuaca dari BMKG sebagai peringatan dini,” kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Jokowi juga meminta, agar mitigasi bencana di seluruh daerah yang memiliki potensi bencana harus diperhatikan. Selain itu, memastikan negara betul-betul hadir segerakan bantuan kemanusiaan dan meminta agar rekonstruksi bangunan akibat gempa di Cianjur dan bencana lainnya, juga harus disegerakan.

Baca Juga :   Jokowi Bandingkan Harga BBM Indonesia dengan Singapura

“Rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa maupun bencana lainnya apabila memang keadaan sudah memungkinkan untuk segera dimulai,” tutup Jokowi.
(*/esa)