Jokowi: Bantuan Ganti Rugi Gempa Cianjur Cair Pekan Ini

JagatBisnis.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan tempat relokasi korban gempa Cianjur dimulai hari ini, Senin (5/12/2022). Jokowi juga menjanjikan bantuan ganti rugi rumah rusak akibat gempa Cianjur akan disalurkan pada Kamis (8/12/2022).

“Pagi hari ini saya datang untuk memastikan, pertama, pembangunan relokasi hari ini dimulai,” kata Jokowi saat kunjungan pertama dilakukan di Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur seperti keterangan yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/12/2022).

Jokowi memastikan pemilihan kawasan relokasi bagi korban gempa Cianjur sudah melalui kajian BMKG dan instansi berwenang di bidangnya. Pemerintah juga telah memastikan lokasi yang menjadi tempat relokasi aman bagi warga. Makanya, pembangunan harus dilakukan secepatnya hingga dapat segera dihuni warga yang rumahnya direlokasi.

Baca Juga :   Puncak Hari Guru 2022, Jokowi Minta para Guru Bangun Karakter Kebangsaan pada Anak Didik

“Jumlah rumah yang direlokasi tidak sedikit, totalnya ada 56 ribu. Untuk itu, kita ingin secepat-cepatnya dan tidak dibatasi oleh waktu. Sehingga secepat-cepatnya dimulai dan secepat-cepatnya selesai. Kasian masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda pengungsi,” terang Jokowi.

Baca Juga :   Jika tak Bisa Kawal Agenda Negara, Siap-siap Kapolda dan Kapolres Bakal Dicopot

Dia menambahkan, bantuan tunai bagi warga yang rumahnya rusak dengan rinciannya Rp50 juta untuk warga yang rumahnya rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang dan Rp10 juta untuk rumah yang rusak ringan.

Baca Juga :   Jokowi Diminta Beri Jaminan Pemilu Tak Diundur

Adapun mekanisme pemberian bantuan tunai akan dilakukan dalam dua skema. Yakni diberikan langsung dan melalui tabungan.

“Kami berharap pergerakan ekonomi dapat dimulai kembali lewat aktivitas masyarakat membangun rumahnya dan membantu membangun rumahnya. Sehingga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi dan ada pergerakan ekonomi,” tutup Jokowi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO