HUT Ke-26 Puncak Jaya, Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu

JagatBisnis.comRibuan warga mengikuti tradisi bakar batu untuk memperingati HUT Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Bakar batu digelar di Lapangan Amanah, Distrik Pagaleme, Puncak Jayq, Papua, Sabtu (3/12/2022). Acara tersebut juga sekaligus untuk melepas Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda yang masa jabatannya akab berakhir pada 7 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga :   Satu DPO MIT Poso Tewas Tertembak

Bupati Puncak Jaya, menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaaan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya.

“Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada warga yang membantunya menciptakan kedamaian di Puncak Jaya. Sehingga selama dirinya Kabupaten Puncak Jaya sudah aman terkendali. Saya titipkan Puncak Jaya agar selalu damai,” kata Yuni Wonda.

Baca Juga :   Hujan Deras di Papua Menyebabkan Jembatan Kali Nabire Ambles

Sementara itu. Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk yang menghadiri acara menyatakan, bakar batu ini mencerminkan etalase perdamaian di Tanah Papua. Hal tersebut tercermin dari sinergitas masyarakat asli dengan pendatang. Diharapkan seluruh wilayah Papua dapat menciptakan kedamaian bagi seluruh masyarakatnya.

“Karena kondusivitas wilayah yang terbangun di Kabupaten Puncak Jaya patut diapresiasi dengan segala tantangan dan dinamika yang ada. Puncak Jaya sudah menjadi barometer dalam pembangunan di Papua. Dengan dinamika politik, pembangunan, sosial yang terjadi, keterbatasan sumber daya dan segala tantangan yang ada, Puncak Jaya masih terus berdiri kokoh,” kata Ribka Haluk. (*/esa)
.