Ajak UMKM Mendunia, BRI Ajarkan Cara Akses Pasar Globa

JagatBisnis.comProduk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seharusnya tidak hanya dikonsumsi di dalam negeri, tapi di jual juga ke pasar global. Maka, pelaku UMKM harus diajarkan cara mengakses pasar internasional. Karena UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional.

Demikianlah dikatakan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso dalam Press conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan yang berlangsung 1-31 Desember 2022 ini merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produknya yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini selaras dengan tema UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang dibawa tahun ini, yakni Brings MSMEs Indonesia to the World.

Baca Juga :   Sepanjang 2021, BRI Setor Rp27,09 Triliun ke Negara

“Ini juga menjadi salah satu langkah konkret kami dalam mewujudkan hal tersebut. Apalagi, kami melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pecepat Layanan Digital Perbankan, BRI Gandeng PT Pegadaian Teken Kerja Sama Layanan Digital Saving

Dalam kegiatan itu, pihaknya menghadirkan sebanyak 500 lebih UMKM terpilih. Pemilihan peserta mempertimbangka beberapa aspek Environmental, Social, Governance (ESG). Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian virtual business matching yang dimulai dari 6 sampai 8 Desember 2022.

Baca Juga :   HUT Ke-126, BRI Jadi Induk Holding BUMN UMi

“Dengan adanya kerja sama yang kami bentuk tersebut, tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global. Itu semakin mudah menembus pasar internasional. Apalgi, UMKM berperan besar terhadap perekonomian nasional. Salah satunya karena, sektor tersebut menyerap sebanyak 97,2 persen tenaga kerja,”tutup Sunarso. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO