TNI AL Bakal Gunakan Kapal Cepat Karya Anak Bangsa dari Batam untuk Patroli

JagatBisnis.comModernisasi alutsista terus dilakukan TNO AL, salah satunya dengan penambahan kapal cepat untuk patroli. Kebutuhan kapal cepat untuk patroli tersebut akan dipenuhi lewat karya anak bangsa dari Batam, Kepri. Kapal cepat patroli ini, nantinya akan memperkuat pertahanan di perairan Indonesia.

Asisten Perencanaan KSAL, Laksda TNI Irwan Isnurwanto menjelaskan, untuk produksi kapal cepat tersebut akan dipercayakan pada galangan kapal PT Citra Shipyard Batam. Ada dua jenis kapal TNO AL yang akan dibangun di galangan kapal tersebut. Yakni, tipe kapal patroli cepat 40 meter, dan jenis KAL 28.

“Kami berkomitmen menggunakan produk dalam negeri untuk pembuatan Kapal Republik Indonesia (KRI). Komitmen untuk menggunakan produk dalam negeri ini, merupakan bentuk kerja nyata program kami dalam penambahan dan pemenuhan armada laut. Pembuatan dua kapal ini, merupakan bagian penting dalam program modernisasi alutsista TNI AL,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pesawat TNI AL Jatuh di Selat Madura Berada di Kedalaman 15 Meter

Menurut dia, kapal patroli cepat 40, dan KAL 28 ini menjadi salah satu prioritas pembangunan TNI-AL. Diharapkan, dua kapal itu dapat menjadi komponen penting pada masa mendatang, untuk memenuhi tuntutan dalam membangun pertahanan demi kedaulatan bangsa.

Baca Juga :   Prajurit TNI AL Dilarang Main TikTok, Smule, dan Bigo Live

“Selama proses pembangunan fisik kapal patroli cepat 40, dan KAL 28 yang dilaksanakan oleh anak-anak bangsa tersebut, akan diawasi oleh Satgas PC 40, dan KAL 28, serta didukung oleh bintek untuk menjamin proyek pembangunan dua kapal YNBtersebut selesai tepat waktu,” tutupnya. (*/esa)