Kasus HIV di Sleman Meningkat

Ilustrasi

JagatBisnis.com – Dinas Kesehatan Sleman mengatakan, permasalahan HIV tahun ini hadapi peningkatan. Perihal itu nampak dari banyaknya pelaporan ataupun konseling para penderita di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama berkata, menaiknya nilai HIV ini sebab pihaknya dapat menciptakan dengan lebih cepat. Alhasil harapannya dapat segera ditangani.

” Memang HIV- nya meningkat. Tapi itu bagus. Kalau AIDS- nya yang tinggi itu kita telat, kalau HIV- nya yang tinggi nggak papa berarti kan kita temukan dengan cepat” tutur Cahya pada reporter di Grha Sarina Vidi Sleman, Rabu (30/ 11).

Baca Juga :   Waspada, Kasus COVID-19 Kini Terus Meningkat di Jakarta

Cahya menarangkan, kenaikan permasalahan HIV ini terjadi sebab dipicu perilaku seks yang kurang bagus semacam bergonta- ganti pasangan sampai lelaki seks lelaki( LSL).

Baca Juga :   Kawasan Lereng Merapi Jadi Sentra Kopi

” Beberapa perilaku di kita lihat di sleman misalnya lelaki seks lelaki itu juga mulai naik. Ini harus diwaspadai betul jangan sampai kita terlena. Lelaki seks lelaki itu akan menjadi berisiko ke arah HIV,” bebernya.

Baca Juga :   Kasus Campak, Difteri dan Rubella Meningkat

Tiap Puskesmas di Sleman dikala ini sudah mempunyai layanan HIV. Warga bisa mengaksesnya buat bertanya.

” Nah kemudian dilakukan tes kemudian terakhir dilakukan kalau kemudian memang positif akan dilakukan pendampingan LSM. Juga dilakukan pengobatan ARV ini bisa sustains,” tuturnya. (tia)