Besok Siang, Komisi I DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono Foto; Kompas

JagatBisnis.com –  Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan bahwa sesuai dengan keputusan Badan Musyawarah (Bamus), Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon Panglima TNI Yudo Margono, besok Jumat (2/12/2022). Jadwal uji kelayakan ini lebih cepat dari yang sebelumnya diperkirakan pada pekan depan.

Agendanya, pada pukul 10.00 WIB Yudo akan menjalani verifikasi data pribadi sebagai calon panglima TNI terlebih dahulu.

“Urutannya kira-kira sebagai berikut, yang pertama jam 10.00 WIB akan dilaksanakan verifikasi data pribadi calon panglima TNI, dan itu cukup oleh pimpinan Komisi I plus perwakilan dari fraksi-fraksi, sampai dengan selesai,” kata Hasanuddin di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga :   Eks Pegawai KPK Belum Tahu Soal Pelantikan 10 November

Setelah itu, nantinya Yudo baru akan menjalani fit and proper test pada pukul 13.30 WIB. “Urutan dalam uji kelayakan itu kira-kira seperti ini, paparan calon panglima TNI selama 30 menit,” ujar TB Hasanuddin.

Baca Juga :   Istana Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR Siang Ini

Kemudian, kata dia, dilanjutkan dengan pertanyaan pendalaman oleh masing-masing perwakilan dan fraksi masing-masing selama 7 menit, dan kemudian dijawab oleh calon panglima TNI kira-kira 20 menit.

Namun, jika pertanyaan yang diajukan kepada Yudo dirasa masih kurang, tentunya waktu fit and proper test akan ditambah sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, kabarnya pun fit and proper test ini akan dilakukan secara tertutup.

Baca Juga :   Besok, Jenderal Andika Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR

“Kalau menurut aturan, (dilakukan secara) tertutup,” ucap politikus PDIP ini.

Ia juga menyinggung bahwa keputusan Komisi I atas uji kelayakan ini nantinya akan langsung diumumkan pada hari itu juga.

“Setelah fit and proper test lalu kami akan rapat di komisi, untuk persetujuan atau tidak persetujuan. Di hari (Jumat) itu langsung (keputusannya),” terangnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO