Tahun 2050, Tiga Wilayah di Jakarta Utara Terancam Tenggelam

JagatBisnis.com-Tiga wilayah di Jakarta Utara terancam tenggelam pada tahun 2050. Isu Jakarta bagian utara akan tenggelam sudah banyak diperbincangkan dari kalangan akademisi hingga politisi. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga turut memperbincangkan Jakarta diprediksi tenggelam.

Berikut 3 wilayah di Jakarta Utara terancam tenggelam pada 2050 dihimpun dari Litbang MPI, Minggu (27/11/2022):

1. Muara Baru
Pada 2050. Muara Baru akan tenggelam sedalam 4,6 meter jika tidak segera dilakukan pencegahan banjir rob. Tahun 2020 saja, Muara Baru sudah minus 1 meter di bawah permukaan air laut.

Baca Juga :   Terjadi Kebakaran di Masjid Islamic Center Jakarta Utara

2. Pluit
Pluit diprediksi tenggelam sedalam 4,35 meter. Pada Oktober 2021, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Pluit adalah kawasan dengan penurunan muka tanah paling parah. Untuk itu, Menteri PUPR mengimbau masyarakat mengurangi penggunaan air tanah.

Baca Juga :   Terjadi Kebakaran di Masjid Islamic Center Jakarta Utara

3. Kamal Muara
Wilayah ini diprediksi berada 3 meter di bawah permukaan laut. Sejauh ini, Pemprov DKI berupaya mengendalikan wilayah pesisir dengan pembangunan tanggul pantai guna memitigasi kenaikan muka air laut. Selain itu, diterapkan pula sistem polder guna membuang air tergenang di permukaan yang berada di bawah permukaan air laut. (*/esa)