PLN Icon Plus Kembangkan One Stop Service Layanan Kendaraan Listrik

JagatBisnis.comPT PLN (Persero) melalui Sub Holding PLN Icon Plus memprioritaskan penggunaan produk lokal dalam ekosistem kendaraan listrik. Hal itu terbukti dengan fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang terdapat di dalam aplikasi PLN Mobile.

Manajer Manajemen Bisnis dan Produk PLN Icon Plus, Haidar Ahmad mengatakan, fitur EVDS pada aplikasi PLN Mobile hadir untuk mengintegrasikan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Kalau bicara bisnis kita tidak hanya bicara produknya saja, tapi juga harus berbicara demand. Jadi kita sedang membangun Electrifying Lifestyle oleh ekosistem yang terintegrasi,” katanya, dikutip Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga :   PLN Targetkan 15.552 Sambungan Listrik Gratis di Jatim

Haidar menjelaskan, fitur EVDS ini mencakup pembentukan komunitas, stasiun pengisian, penukaran baterai, Marketplace, Test Drive, bahkan penyewaan kendaraan listrik.Fitur ini diharapkan dapat mendorong belanja produk dalam negeri yang berimbas pada peningkatan angka TKDN. Apalagi, aplikasi yang terintegrasi ini juga merupakan hasil karya dalam negeri.

Baca Juga :   Pasokan 11 Juta Ton Batu Bara Diamankan PLN untuk Akhir Tahun

“Alhamdulillah kami sudah melakukan upaya peningkatan TKDN pada ekosistem EV dari sisi teknologinya. Kami membangun sistem yang terintegrasi, baik itu dari usernya maupun charger-nya kami bangun sendiri. Kami memulai semuanya dari nol, kami belajar bagaimana komunikasi antara sistem, server dengan charger,” papar Haidar.

Baca Juga :   Kenaikan Tarif Listrik akan Disesuaikan

Menurutnya, ada beberapa komponen dari ekosistem kendaraan listrik yang memiliki potensi untuk dikembangkan di dalam negeri. Misalnya adalah material dan pengolahan kendaraannya, perakitan kendaraan, baterai, charger, pengembangan teknologi, hingga pengolahan limbah.

“Bicara TKDN kami tidak bisa bicara masing-masing, tapi harus bicara bersama-sama collective action. Bagaimana material dan pengolahannya, bagaimana perakitannya, dan bagaimana teknologinya,” tutup Haidar. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO