Jokowi: Jangan Pilih Pemimpin Duduk Manis di AC Dingin Istana

Presiden Jokowi

JagatBisnis.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para relawannya untuk cermat memilih pemimpin pada pilpres 2024 mendatang. Menurut Jokowi, salah satu kriteria pemimpin yang ideal ialah yang mau turun ke lapangan.

Pernyataan Jokowi disampaikan saat hadir pada acara relawan se-Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu di SUGBK Sabtu (26/11) pagi.

Pesan untuk memilih pemimpin yang mau turun ke lapangan disampaikan Jokowi berulang kali.

Baca Juga :   Jokowi Kenakan Dolomani Baju Adat Buton saat Jadi Inspektur Upacara HUT RI

“Jangan sampai, jangan sampai, jangan sampai, kita memilih pemimpin yang nanti hanya senangnya hanya duduk di Istana yang AC-nya dingin. Jangan sampai, saya ulangi, jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di Istana yang AC-nya sangat dingin,” kata Jokowi yang disambut riuh relawan.

Jokowi menegaskan, memilih pemimpin yang mau turun ke lapangan bertemu rakyat sangat krusial. Sebab, Indonesia negara besar sehingga pemimpin di masa mendatang harus mau mendengar dan merasakan kondisi rakyat.

Baca Juga :   Resmi Jadi Pemimpin AS, Jokowi Ucapkan Selamat kepada Joe Biden-Kamala Harris

“Ini negara besar, ini negara besar jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Carilah, saya ingatkan, carilah pemimpin yang senang dan turun ke bawah yang mau merasakan keringatnya rakyat,” tegas Jokowi.

Ia mengingatkan bahwa Presiden RI selanjutnya harus menyadari keberagaman di Indonesia. Mulai dari suku hingga bahasa.

Baca Juga :   Jokowi Resmikan Pabrik Vaksin Covid di Asia Tenggara

“Pemimpin Indonesia, memimpin Indonesia harus menyadari, harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia, karena kita ini macam-macam, karena kita beragam, berbeda-beda semua, suku kita memiliki 714 suku berbeda-beda,” kata Jokowi.

“Bahasa daerah kita memiliki lebih dari 1.300 bahasa daerah berbeda-beda agama, kita juga berbeda-beda. Oleh sebab itu pemimpin itu sekali lagi harus menyadari keberagaman Indonesia,” pungkasnya.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO