Solomon Diguncang Gempa Berkekuatan 7 Magnitudo dan Berpotensi Tsunami

JagatBisnis.com Guncangan berkekuatan magnitudo 5, 6 terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) siang. Sehabis itu terjadi puluhan kali guncangan susulan. Ada pula guncangan sangat parah terasa di Cianjur dengan lama 10- 15 detik.

Guncangan bermagnitudo 7, 0 mengguncang Malango, Kepulauan Solomon, pada Selasa( 22 atau 11) pagi durasi setempat. Guncangan itu menimbulkan listrik padam di sebagian wilayah sebaliknya banyak orang berhamburan meninggalkan kantor mereka.

Survei Geologi Amerika Serikat( USGS) memublikasikan kalau guncangan itu bisa mengakibatkan tsunami. Peringatan tsunami juga sudah dikeluarkan buat area pantai Kepulauan Solomon dalam jarak 300 kilometer dari pusat guncangan.

Baca Juga :   Tak Berpotensi Tsunami, Kabupaten Tojo Una Una Diguncang Gempa berkekuatan M6,5

” Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa,” tutur USGS dalam suatu pernyataan, semacam diambil dari AFP.

Baca Juga :   Nepal Diguncang Gempa Berkekuatan 5,6 M Terasa Sampai India

Peringatan tsunami itu berlaku buat area Kepulauan Solomon, Vanuatu, Papua New Guinea, serta Australia. Tidak hanya itu, gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0, 3 m di atas permukaan air pasang buat pantai Papua Nugini serta Vanuatu.

Merespons peringatan tsunami itu, juru bicara Perdana Menteri Masnasseh Sogavere, berkata banyak orang dianjurkan buat segera alih ke tempat yang lebih besar. Belum terdapat informasi lebih lanjut hal kerusakan yang disebabkan dari guncangan dahsyat itu.

Baca Juga :   Dampak Gempa NTT, Banyak Rumah Warga di Selayar Sulsel Roboh

Bagi saksi, getaran dampak guncangan berjalan sepanjang 20 detik. Seorang resepsionis di Heritage Park Hotel, Joy Nisha, mengemukakan kekuatan guncangan lumayan besar sampai menimbulkan barang- barang di hotel jauh.

” Ini adalah yang besar. Beberapa barang di hotel jatuh. Semua orang tampak baik- baik saja, tapi panik,” ucap Nisha.(tia)

MIXADVERT JASAPRO