Ekbis  

Mondelez Dukung UMKM Kuliner Lebih Berkelas dan Berkualitas

JagatBisnis.com –  Pandemi COVID-19 membawa tantangan tersendiri bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memajukan bisnisnya. Mondelez Indonesia pun berinisiatif dengan menghadirkan kembali program Dukung UMKM Kuliner.

Presiden Director Mondelez Indonesia Parveen Dalal mengatakan tahun ini program Dukung UMKM Kuliner mengangkat tema “Berkelas Karena Berkualitas”. Sebab hasil survei The State of Snacking tahun 2021 menyebutkan, konsumen masa kini semakin selektif dalam memilih camilan.

“Konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner,” ujar Parveen dalam jumpa pers daring di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga :   Mondelez International Berinvestasi pada Pusat Penelitian Kakao Berskala Global di Indonesia

Dia menjelaskan, selama hampir tiga bulan penyelenggaraan, inisiatif Dukung UMKM Kuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM Kuliner dari berbagai wilayah di Indonesia. Inisiatif ini terbagi menjadi tiga rangkaian besar, yakni pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis kuliner bisa naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi jadi tiga kategori yaitu Best Food Menu, Best Packaging Design dan Best Marketing Promotion.

Baca Juga :   Mondelez International Tambah Lini Produksi Ekspor di Indonesia

“Penyelenggaraan tahun kedua ini juga kembali bersinergi dengan berbagai pihak mulai dari komunitas Sahabat,”
imbuhnya.

Baca Juga :   Mondelez Indonesia Ajak Siswa SD Mengolah Sampah Plastik

Sementara itu, Research Director NielsenIQ Anindita Septadiani menambahkan, agar UMKM bisa naik kelas, diharapkan jeli melihat peluang dan memahami perilaku konsumen dengan merumuskan strategi berkualitas.

“Caranya dengan kolaborasi menu menggunakan produk berkualitas, memaksimalkan promosi digital dan layanan online delivery, serta berinovasi sesuai dengan tren yang sedang berkembang,” pungkas Anindita. (eva)