Indonesia Terima Hibah Gedung dan Wisma Dita Besar RI Dari Pemerintah PEA

JagatBisnis.com – Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) yang diwakili oleh Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional menyerahkan gedung kantor dan wisma Duta Besar RI kepada Duta Besar RI Husin Bagis. Penyerahan ini mencatatkan sejarah karena merupakan pemberian sepenuhnya (hibah) kepada Indonesia dan juga menjadi bukti betapa dekat dan kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

“Hibah gedung KBRI dan Wisma Duta Besar ini merupakan simbol hubungan persaudaraan dan kerja sama yang erat antara Indonesia dan PEA. Semua sudah disediakan dan kita hanya perlu membawa komputer saja. Kami betul-betul berterima kasih kepada Pemerintah PEA atas hibah ini,” kata Duta Besar Indonesia untuk PEA Husin Bagis, dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Menurut Husin, desain gedung ini sudah memuat kebutuhan KBRI Abu Dhabi hingga 20 tahun ke depan. Bahkan, desainnya modern dan bisa jadi percontohan pembangunan Kantor Perwakilan RI di seluruh dunia.

“Semoga gedung baru ini bisa diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kami juga berharap pembangunan Masjid Joko Widodo (hibah dari Presiden PEA) dapat selesai segera dan diresmikan bersamaan tahun depan,” ungkap Husin.

Dia menjelaskan, gedung baru KBRI Abu Dhabi dan Wisma Duta Besar RI dibangun di atas luas tanah 5.574,18 m2 dengan luasan bangunan 5.177,51 m2. Terdapat empat bangunan yakni Gedung Resepsionis, Gedung Pelayanan Kekonsuleran, Gedung Kantor, serta Wisma Duta Besar RI yang kesemuanya berada di Embassy Area di kawasan Mushriff, Abu Dhabi.

“Desain gedung baru ini merupakan hasil kolaborasi dari tim KBRI dan konsultan setempat yang kemudian dipilih oleh Presiden Jokowi langsung. Proses konstruksi dimulai pada Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2022, dilanjutkan dengan pengisian furnitur,” terangnya. (*/els)

 

MIXADVERT JASAPRO