Genap Berusia 80 Tahun, Masih Pantaskah Joe Biden Jadi Presiden AS?

Presiden AS Joe Biden

JagatBisnis.comPresiden Amerika Serikat Joe Biden genap berusia 80 tahun pada Minggu (20/11). Hal itu menjadikannya sebagai orang nomor satu tertua sekaligus pemimpin AS pertama yang masih menjabat di usia delapan dekade.

Eks Presiden ke-40 AS, Ronald Reagan, berusia 77 tahun ketika ia meninggalkan Gedung Putih di tahun 1989. Sedangkan Biden baru akan menginjak usia 86 tahun ketika masa jabatan periode keduanya berakhir. Itu jika ia kembali terpilih pada pemilu 2024 mendatang.

Sementara pesaingnya dari Partai Republik, Donald Trump, akan berada pada usia 82 tahun saat meninggalkan jabatan empat tahunnya jika memenangkan pilpres 2024.

Baca Juga :   Kunjungan Joe Biden ke Arab Saudi Bukan Fokus Bertemu Pangeran MBS

Tidak seperti kebijakan batas usia pensiun tradisional 65 tahun yang diterapkan di banyak negara, sekarang jutaan rakyat AS masih bekerja, meski usianya jauh melampaui batasan itu.

Baca Juga :   Biden Bakal Kunjungi Pabrik Samsung di Korea

Melansir dari Reuters, sebagian penduduk AS memiliki kekhawatiran tentang usia lanjut dari kedua kandidat utama pilpres 2024 ini.

Berdasarkan hasil polling Reuters/Ipsos yang diperoleh pada 8 dan 9 November, sejumlah 71 persen pendukung Partai Demokrat beranggapan bahwa terlepas dari usianya yang sudah senja,

Biden dinilai memiliki ingatan yang kuat, mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan mudah, dan mampu menghadapi tantangan.

Baca Juga :   Biden dan Jinping akan Bertemu di Bali, Ini yang Dibahas

Dan 46 persen lainnya menilai, Biden kemungkinan tidak siap menghadapi tantangan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada 2024.

Sementara hasil polling yang diperoleh dari pendukung Partai Republik, 26 persen di antaranya beranggapan Trump kemungkinan tidak sanggup mencalonkan diri pada pilpres 2024 akibat usianya. (tia)