Amankan G20, Kemendagri-Polri Bersinergi Terapkan Face Recognition

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Polri bersinergi menerapkan pengenalan wajah atau face recognition dalam mendukung pengamanan pelaksanaan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Pengenalan wajah itu tersinkronisasi antara Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Bareskrim Polri dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri.
 
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, dirinya melihat langsung proses kerja dalam penerapan face recognition melalui kamera pengawas (CCTV) Inafis Bareskrim Polri pada beberapa titik vital di Provinsi Bali untuk mengantisipasi kendala dan mencari solusi terkait akses data antara Inafis dengan Ditjen Dukcapil.

“Saya senang karena secara keseluruhan tingkat akurasi dan validitas data face recognition yang dilakukan melalui CCTV Inafis Bareskrim Polri dan terhubung ke data center Ditjen Dukcapil Kemendagri telah berjalan sangat baik,” ungkapnya, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga :   Kemendagri Ingatkan Pemda Tak Ulangi Kesalahan Realisasi APBD

Pihaknya berharap, data dukcapil ini bisa berkontribusi besar untuk pencegahan kejahatan dan mampu menunjang tugas kepolisian secara maksimal. Apalagi, saat ini sudah menggunakan teknologi face recognition.

Baca Juga :   Tim Monitoring Kemendagri untuk Penanganan Bencana Hujan Es di Lanny Jaya Serahkan Bantuan

Sementara itu, Kepala Pusat Inafis Bareskrim Polri Brigjen Pol. Mashudi mengucapkan terima kasih atas dukungan Dukcapil Kemendagri dalam penerapan face recognition yang sangat membantu Polri untuk bisa bergerak lebih cepat dalam pencegahan kejahatan dan penegakan hukum.

Baca Juga :   Jelang Pemilu 2024, ASN Diminta Tak Berpolitik Praktis

“Kerja sama dengan Dukcapil Kemendagri ini sangat membantu tugas kami di Polri. Kami bisa cepat mengidentifikasi pelaku kejahatan dan korban kejahatan dan bisa melakukan pencegahan kejahatan karena bisa cepat melakukan identifikasi,” pungkas Mashudi. (*/eva)