Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Gandeng Milenial

JagatBisnis.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, melibatkan kaum milenial setempat mengawasi Pemilu 2024. Langkah awal, Bawaslu mengundang dan mengajak pelajar SMA dan mahasiswa di perguruan tinggi

“Untuk mempermudah dan membangun kesadaran kelompok milenial. Kami juga menggandeng penggiat sosial untuk memberikan edukasi peranan pengawasan kepemiluan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan di Sungailiat, Jumat (11/11/2022).

Corri menjelaskan, pelibatan kaum milenial dalam mengawasi Pemilu 2024 itu akan melalui beberapa tahapan. Dia optimistis akan banyak kelompok yang ikut berpartisipasi dalam pengawasan sehingga menekan dugaan tindakan pelanggaran pemilu.

Baca Juga :   Jika Pemilu 2024 Dilaksanakan 15 Mei, Maka Kampanye Jatuh di Bulan Ramadan

kaum milenial yang akan menyampaikan hak suara pada Pemilu 2024. Corri menyebut jumlahnya cukup banyak meski ia belum mendapatkan angka pasti berapa jumlah kaum milenial yang memiliki hak pilih di 2024.

Baca Juga :   Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 Tinggal Dilantik Presiden

“Terutama pelajar SLTA yang saat ini berusia 16 tahun. Pada tahun 2024, mereka sudah mempunyai hak pilih,” kata Corri.

Baca Juga :   DPR RI akan Bahas Rincian Tahapan Pemilu 2024

Ia memastikan, Bawaslu akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dan institusi pendikan menyangkut pendataan pemilih pemula baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi.

“Prinsipnya merangkul pemilih pemula dari lembaga sekolah untuk mengetahui seberapa besar sasaran pemilih pemula dapat maksimal pada Pemilu 2024,” ujar Corri.