Bakal Ada Wisata Kebun Durian di Ibu Kota Baru RI

JagatBisnis.com-Calon Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah mulai dibangun, termasuk beragam infrastructure dan sarana pendukungnya. Bahkan, Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), disiapkan untuk memasok air baku untuk IKN Nusantara. Tak hanya itu, kawasan bendungan Sepaku Semoi juga akan memiliki kebun buah durian yang bisa menjadi tujuan wisata.

Destinasi wisata yang akan terbuka bagi masyarakat umum ini berada di area public dekat pendopo dan balcony photo, tak jauh dari gapura utama kawasan bendungan. Adapun jenis durian yang disediakan antara lain montong, musangking dan durian lai. Durian lai ada jenis durian local Kalimantan Timur. Ukurannya kecil dibanding duren biasa dengan diameter maksimal 20 centimeters. Durinya tidak tajam, daging buahnya berwarna oranye dengan aroma tidak begitu menyengat. Rasanya manis legit.

“Ini durian liar. Duren hutan pedalaman Kaltim. Ketinggian pohonnya bisa sampai 24 meters. Cukup rindang untuk menghiasi area di sisi bendungan,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Kalimantan IV Harya Muldianto di Bendungan Sepaku Semoi, Minggu (6/11/2022).

Baca Juga :   De Mangol, Wisata Kekinian yang Berada di Yogyakarta

Selain durian, lanjut dia, akan ada pula cluster buah-buahan lain seperti mangga, aren hingga nangka cempedak. Setiap cluster luasnya antara 1,500 hingga 2,000 meters persegi. “Semua bibit buahnya sudah kami tanam dan dirawat intensive setiap hari. Paralel dengan pembangunan bendungan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Warga Rela Antri Demi Berendam di Wisata Pemandian Air Panas di Garut

“Pengelolaan bendungan maupun kawasan penunjang seperti kebun dan taman buah akan diserahkan Kementerian PUPR kepada Badan Otorita IKN setelah proyek selesai 100 persen,” terangnya.

Baca Juga :   Yogyakarta Berlakukan Sistem Satu Pintu Angkutan Wisata

Harya menyebut, progres pembangunan bendungan telah mencapai 75 persen dan ditargetkan dapat beroperasi pada bulan Maret 2023 mendatang. (*/esa)