Korea Utara Kembali Tembakkan 4 Rudal Balistik Jarak Pendek

Ilustrasi Rudal Foto: JejakTapak

JagatBisnis.com – Korea Utara kembali meluncurkan uji coba rudal. Terbaru, Pyongyang meluncurkan empat rudal balistik jarak pendek ke arah laut di bagian barat, pada Sabtu (5/11).

“Rudal-rudal itu terbang sekitar 130 km dengan ketinggian sekitar 20 km,” lapor pihak militer Korea Selatan, seperti dikutip dari Reuters.

Peristiwa ini menambah serangkaian uji coba rudalnya yang semakin intensif pada pekan ini, termasuk uji coba rudal balistik antarbernua (ICBM) pada Kamis (3/11). Tetapi, pihak Seoul menduga uji coba tersebut menemui kegagalan.

Baca Juga :   Adanya Kasus COVID-19, Korut Tembakkan Tiga Rudal Balistik di Pantai Timur

Aktivitas uji coba rudal yang semakin sering dilakukan ini semakin meningkatkan spekulasi, bahwa Pyongyang akan memulai kembali uji coba nuklir mereka untuk pertama kalinya sejak 2017 dalam waktu dekat.

Baca Juga :   Penampakan Rudal Balistik Supersonik Paling Berbahaya Milik Korut

Di sisi lain, selama ini Pyongyang berdalih bahwa alasan mereka meluncurkan serangkaian uji coba ini adalah sebagai respons atas diselenggarakannya latihan militer udara terbesar antara Seoul dan Washington.

Baca Juga :   Saat Uji Coba, Rudal Balistik Korea Utara Meledak di Udara

Latihan militer ini memantik amarah Pyongyang yang menganggapnya sebagai latihan untuk invasi. Terlebih, latihan ‘Vigilant Storm’ ini melibatkan ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO