Indonesia Dapat Hibah Fomepizole dari Jepang

JagatBisnis.com  – Sebanyak 200 vial Fomepizole dari Jepang telah tiba di Indonesia, Jumat (28/10/2022). Obat untuk penanganan gangguan ginjal akut itu merupakan hibah dari PT Takeda Indonesia.

“Hibah ini dilaksanakan dengan iktikad baik atas nama kemanusiaan untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resminya, Sabtu (29/10/2022).

Budi memastikan, pendistribusian obat Fomepizole akan dilakukan secara merata ke rumah sakit pemerintah rujukan yang menangani pasien gangguan ginjal akut. Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan akan mendistribusikan 200 vial Fomepizole tersebut sesuai kebutuhan kepada seluruh rumah sakit rujukan tingkat provinsi di Indonesia.

Baca Juga :   Jepang Alami Krisis Anggota Penerus Kekaisaran

“Ini upaya yang kami lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut. Kami akan distribusikan ke seluruh RS pemerintah yang merawat pasien gangguan ginjal akut,” terang Menkes Budi.

Baca Juga :   Jelang Pemakaman Shinzo Abe, Kuil Zojo-ji Tokyo Dipenuhi Para Pelayat

Sebelum didistribusikan, lanjut Budi, masih diperlukan tindakan penambahan keterangan berbahasa Indonesia di kemasan obat. Ini dilakukan karena kemasan obat Fomepizole menggunakan bahasa Jepang sepenuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO