Fakta Siti Si Penerobos Istana Presiden

JagatBisnis.com – Polda Metro Jaya akhirnya membeberkan identitas serta motif Siti Elina (24) nekat menerobos Istana Presiden sambil menodongkan senjata api.

Dari hasil pemeriksaan, Siti yang tinggal di Koja, Jakarta Utara itu terafiliasi dengan kelompok radikal. Aksi Siti, Selasa (25/10/2022) pagi, juga bukan yang pertama kalinya.

“Jadi hasil pemeriksaan kami sementara, keterangan dari tersangka ini, hasil Penyelidikan kami bukti digital dan sebagainya, yang bersangkutan ini sudah tiga kali datang ke wilayah istana,” ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

“Namun, pada hari kemarin yang bersangkutan memang sudah berjalan saat yang bersangkutan mengambil diam-diam senjata ini,” sambungnya.

Soal alasan Siti menerobos Istana, Kombes Hengki menyebut memang ingin bertemu dengan Presiden Jokowi dan ingin menyampaikan pandangannya soal dasar negara.

“Dia datang ke Istana tujuan nya ingin bertemu Jokowi untuk menyampaikan Indonesia ini salah karena dasarnya bukan islam tapi ideologinya Pancasila,” ungkapnya.

Terkait asal usul senjata jenis FN yang dibawa Siti, Polisi menemukan fakta bahwa pistol tersebut baru dikuasai Siti satu hari sebelum peristiwa Selasa pagi dari keluarganya.

“Senjata ini baru sehari sebelumnya diambil yang bersangkutan secara diam-diam yang ternyata milik pamannya,” bebernya.

Penyidik kata Hengki, masih terus melakukan pemeriksaan intensif terhadap Siti untuk mengetahui ada tidaknya pihak lain yang terlibat dalam aksi nekatnya tersebut. (tia)